Perilaku Politis dalam Organisasi

 

·       Inducement (dorongan atau pancingan), suatu tindakan memberikan imbalan atas perilaku yang dikerjakan

Contoh: Direktur perusahaan akan memberi kenaikan gaji kepada karyawan yang selalu rajib bekerja dan menghasilkan pekerjaan yang benar dan memuaskan.

·       Persuasion (bujukan) suatu tindakan mempengaruhi dan meyakinkan perilaku seseorang dalam sebuah organisasi. Dalam persuasi, seorang persuader dianggap berhasil jika ia mampu memengaruhi kepercayaan dan harapan orang lain setelah ia melakukan ajakan dengan cara memaparkan berbagai alasan dan prospek-prospek baik dari sebuah barang atau sebuah kondisi.

Contohnya saat seseorang mempengaruhi teman lainnya untuk mengubah keputusan dalam organisasi.

·       Creation of an Obligation (penciptaan kewajiban), suatu ikatan dengan mana seseorang terikat atau berkewajiban untuk melakukan hal tertentu yang muncul dari rasa kewajiban.

Contoh : Seorang manajer bekewajiban untuk mempin organisasi perusahaan dan mengawasi jalannya kegiatan di perusahaan.

·       Coercion (paksaan), tindakan memaksa pihak lain untuk berprilaku secara spontan (baik melalui tindakan atau tidak bertindak) dengan menggunakan ancaman, hadiah, atau intimidasi atau bentuk lain dari tekanan atau kekuatan.

Contoh : Pimpinan perusahaan akan memberikan bonus gaji kepada para karyawan perusahaan apabila pekerjaan mereka dapat meberi keuntungan bagi perusahaan.

Komentar

Postingan Populer