Pentingnya Pengadaan Mata Kuliah Soft Skills dan Peranannya


Persaingan untuk memasuki dunia pekerjaan sekarang ini sangatlah ketat karena terlalu banyanya pelamar pekerjaan sedangkan ketersediaan lapangan pekerjaannya lebih sedikit. Oleh karena itu para mahasiswa harus siap bersaing dan mengasah kemampuannya selama masa perkuliahan. 

Mata kuliah Pengantar Bisnis adalah mata kuliah yang bertujuan untuk memperkenalkan apa itu bisnis kepada mahasiswa secara lebih spesifik dan mendalam. Materi pengantar bisnis pada dasarnya adalah berisi hard skill karena mahasiswa akan mempelajari bagaimana dan seperti apa bisnis itu secara teknisnya. Namun sifat dari mata kuliah ini adalah berbasis soft skill karena dalam berbisnis nantinya kita akan berinteraksi dan berhubungan dengan banyak orang dari berbagai kalangan untuk itu pengadaan mata kuliah berbasis soft skill ini sangatlah penting.

Jika akan memasuki dunia pekerjaan nantinya kita akan lebih mengenal lagi tentang hard skill dan soft skill. Apa itu hard skills dan soft skills?

Pada dasarnya, hard skills adalah sebuah kemampuan spesifik yang dibutuhkan suatu pekerjaan. Kemampuan ini bentuknya kasat mata karena berbentuk kemampuan teknis. Seperti misalnya kemampuan programming, menghitung cepat, ataupun menerjemahkan bahasa asing. Kemampuan tersebut biasanya akan disebutkan didalam lowongan pekerjaan dan menjadi salah satu syarat penting untuk melamar sebuah pekerjaan yang kita ingingkan.

Soft skils adalah suatu keterampilan yang berhubungan dengan kecerdasan emosional(emotional quotient) dan bagaimana seseorang berinteraksi dengan lingkungan sekitarnya. Soft Skills sangat berkaitan erat dengan karakter pribadi seseorang sehingga dapat meningkatkan kinerja pekerjaan dan prospek karirnya. Oleh karena itu berbagai jenis pekerjaan sekarang ini sangat mementingkan kemampuan soft skills.

Berikut beberapa contoh dari soft skills :

  • ·       Kemampuan berkomunikasi
  • ·       Kepemimpinan (leadership)
  • ·       Keterampilan manajemen
  • ·       Kemampuan mengendalikan emosi
  • ·       Kerjasama dalam tim
  • ·       Kemampuan beradaptasi
  • ·       Penyelesaian masalah (problem solving)
  • ·       Pemikiran yang kreatif

Dapat dilihat dari contoh-contohnya jika soft skills merupakan suatu kemampuan yang tidak kasat mata namun sangat berguna didalam proses keseharian seseorang terlebih lagi bagi mahasiswa atau pelajar. Soft skills tidak memiliki sebuah kelas khusus saat kita berada di sekolah, namun bisa didapat dari pengalaman saat bersekolah ataupun didalam sebuah organisasi.

Memiliki kemampuan soft skills sendiri dapat memberikan banyak manfaat bagi seseorang khusunya mahasiswa yaitu mempermudah dalam proses mencari pekerjaan karena persaingan didalam dunia pekerjaan yang ketat mengharuskan seseorang memiliki kemampuan yang lebih dan unik dibanding yang lain agar bisa mendapatkan pekerjaan yang diinginkan. Kemudian pada saat berada dalam lingkungan dunia pekerjaan, soft skills ini membuat kita dapat bekerja sama dengan baik dalam sebuah tim, karena didalam lingkungan dunia pekerjaan kerjasama dalam tim sangatlah dibutuhkan agar pekerjaan tersebut dapat berjalan dengan lancar.

Soft skills itu penting karena setelah lulus kuliah, kita akan langsung dilihat oleh masyarakat, lingkungan dunia pekerjaan, dimana kita harus berinteraksi dengan orang-orang, yang memiliki pemikiran berbeda, prinsip dan sudut pandang berbeda, budaya berbeda dan masih banyak perbedaan lainnya. Manusia adalah mahluk sosial yang perlu beinteraksi dengan manusia lainnya, untuk dapat berinteraksi dengan baik diperlukan adanya sikap menghargai dan mnghormati orang lain, sikap tersebut juga termasuk soft skills.

Oleh karena itu pengadaan mata kuliah berbasis soft skills sangatlah penting bagi mahasiswa karena kemampuan itu akan sangat diperlukan didalam dunia pekerjaan nantinya. Selain harus memiliki nilai IPK yang tinggi di era persaingan dalam menacari pekerjaan yang ketat ini, kita juga dituntut memiliki soft skills dalam bentuk keterampilan berinteraksi atau berhubungan dengan orang lain(interpersonal skill) dan kemampuan mengatur dirinya sendiri(intrapersonal skills). Perusahaan tidak hanya akan melihat kemampuan teknis (hard skills) namun juga akan melihat kemampuan soft skills seseorang karena dalam sebagian besar pekerjaan kemampuan teknis(hard skills) saja tidak cukup dan kurang efektif. Apalagi ditambah dengan adanya kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi yang membuat beban tugas pekerjaan hard skills menurun karena adanya bantuan teknologi mutakhir yang dapat menggantikan kemampuan teknis manusia. Maka dari itu soft skills akan menjadi pembeda utama dalam dunia pekerjaan.

Bagi saya sendiri dengan adanya pengadaan mata kuliah berbais soft skills ini sangat membantu saya untuk lebih mengasah kemampuan soft skills saya dan mempersiapkan diri untuk terjun ke lingkungan dunia pekerjaan nantinya setelah lulus. Tidak hanya itu saat menjalani perkuliahan pun soft skills ini dibutuhkan karena di perkuliahan saya akan berinteraksi dengan banyak orang yang memiliki pemikiran berbeda serta bagaimana keterampilan saya untuk bekerja di dalam tim ataupun saat menjadi ketua kelompok.

Komentar

Postingan Populer