Perusahaan Dalam Sistem Perekonomian

1. Dalam kehidupannya manusia akan selalu berusaha untuk bertahan hidup dengan memenuhi kebutuhan hidupnya, sehingga secara langsung ataupun tidak langsung manusia akan selalu terlibat dengan kegiatan bisnis. Pengertian bisnis adalah kegiatan yang dilakukan seseorang atau sekelompok orang atau perusahaan dalam bentuk pertukaran barang adan jasa atau uang yang saling menguntungkan dan memberi manfaat.  Menurut saya kegiatan bisnis sangat penting bagi kehidupan pribadi saya karena dengan kegiatan bisnis, saya dapat memenuhi kebutuhan sehari-hari saya seperti makanan,pakaian, dan kebutuhan pokok ataupun kebutuhan pendukung lainnya. Setiap hari saya akan selalu terlibat dengan kegiatan bisnis. Selain itu juga saat ini Indonesia sedang atau akan menghadapi bonus demografi, yang dimana jumlah penduduk usia mudanya akan lebih banyak daripada penduduk usia tua, dan setiap satu orang usia tua juga akan ditanggung oleh setiap dua orang penduduk usia muda. Hal ini akan menyebabkan jumlah pelamar kerja meningkat tajam dibanding biasanya, sehingga jumlah tersedianya lapangan pekerjaan akan sangat minim. Dengan menjalankan kegiatan bisnis tentunya akan membuka lapangan pekerjaan dan bisa saling memberi keuntungan. Saat melakukan kegiatan bisnis pun saya bisa lebih mengembangkan diri, yaitu dengan cara berpikir bagaimana caranya supaya bisnis saya bisa lebih menarik konsumen serta menuntut saya untuk terus berinovasi dan mempunyai pemikiran yang terbuka serta siap menanggung resiko dalam berbisnis. Bagi saya bisnis tidak hanya melulu soal keuntungan atau laba, tapi juga saling memberi manfaat dan adanya hubungan timbal-balik untuk saling mensejahterahkan. Saya memiliki pengalaman berbisnis saat menginjak bangku SMA, darisana saya belajar untuk tetap tekun menjalankan bisnis saya walaupun keuntungan yang didapat sedikit, namun pengalaman dan nilai kehidupan yang saya dapatkan saat berbisnis itu sangat berguna di kehidupan pribadi saya. Jadi, peran bisnis dalam kehidupan saya sangat besar

 

2.    Selama masa pandemic ini banyak usaha dan kegiatan bisnis yang gulung tikar karena tidak bisa bertahan. Namun banyak juga orang yang melakukan atau bahkan baru memulai bisnis secara online selama masa pandemic ini karena pemerintah menetapkan peraturan untuk melakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar(PSBB) di berbagai wilayah, tempat perbelanjaan dan toko-toko pun dilarang untuk beroperasi guna menekan pertumbuhan virus corona. Oleh karena itu berbisnis secara online ini adalah solusi yang tepat dan sebuah peluang usaha yang menjanjikan bagi mereka yang baru memulai bisnis online. Penjual dam pembeli tidak perlu bertemu secara langsung, namun transkasi usaha bisa tetap berjalan secara online. Menurut saya, kegiatan menjalankan bisnis secara online selama masa pandemic ini sangat baik untuk dijalani karena lebih efektif dan praktis, serta menguntungkan kedua pihak yaitu penjual dan pembeli. Penjual bisa lebih menghemat biaya sewa toko dan pengeluaran lainnya yang biasa dikeluarkan saat berbisnis di tempat secara langsung dan bagi pembeli, mereka tidak perlu berpergian untuk memenuhi kebutuhan mereka. Hal ini tentunya lebih menghemat waktu, tenaga, serta biaya yang dikeluarkan. Selain itu, berbisnis secara online juga lebih banyak diminati bahkan saat sebelum pandemic sekalipun, karena sudah banyak masyarakat yang menggunakan internet dan adanya globalisasi yang menyebabkan perubahan gaya hidup masyarakat lebih modern dan praktis. Kegiatan ini juga dapat membantu pemerintah mengurangi terjadi peningkatan jumlah pasien terinfeksi virus corona karena tidak memerlukan adanya aktivitas tatap muka secara langsung, serta membantu meningkatkan laju pertumbuhan perekonomian yang menurun selama pandemic ini karena dari kegiatan bisnis online ini negara menerima pendapatan berupa pajak yang dari tahun ke tahun selalu meningkat. Bisnis online juga membantu UMKM(Usaha Kecil Mikro Menengah) untuk tetap bertahan selama pandemic ini dan mendapatan penghasilan yang menguntungkan.

3.  Masalah saat memulai atau menjalankan sebuah bisnis itu banyak sekali. Penyebab nya pun dari berbagai factor. Dan masalah bisnis ini menurut saya pasti akan kita hadapi di saat situasi apapun, begitu juga di masa sekarang ini yaitu adanya pandemic. Permasalah bisnis ini akan terus relevan di berbagai situasi karena pada dasarnya kesulitan-kesulitan atau masalah ini lah yang justru nantinya akan membuat usaha bisnis kita semakin berkembang dan dapat beradaptasi menghadapi setiap masalah dalam bisnis. Menurut pandangn saya, saat pandemic sekarang ini permasalah yang dihadapi adalah sebagai berikut :

·       Adanya penurunan daya beli konsumen

Hal ini terjadi karena lesu nya tingkat perekonomian bangsa yang menyebabkan menurunnya tingkat pendapatan masyarakat, bahkan banyak dari para pekerja yang terpaksa di PHK(Pemutusan Hubungan Kerja) oleh perusahaan karena kesulitan ekonomi yang terjadi karena pandemic ini. Perusahaan tidak bisa beroperasi secara normal dan banyak bidang-bidang usaha yang harus tutup dikarenakan adanya pandemic ini. Sehingga tingkat pendapatan masyarakat pun berkurang yang menyebabkan mereka harus lebih hidup berhemat dari biasanya untuk bisa tetap bertahan hidup.

·       Meningkatnya harga bahan baku produksi

Hal ini tentunya masalah bagi setiap pemilik bisnis karena modal yang harus mereka keluarkan pun harus bertambah untuk biaya produksinya. Kenapa hal ini bisa terjadi? Selama masa pandemic ini pergerakan transportasi atau pengiriman barang banyak terjadi pelambatan karena adanya penerapan PSBB(Pembatasan Sosial Berskala Besar) di berbagai wilayah. Pengiriman bahan baku produksi pun tentunya akan membutuhkan waktu yang lebih lama dan juga biaya pengiriman yang lebih mahal sehingga terjadilah peningkatan harga bahan baku. Masalah ini akan menyulitkan bagi para pemilik bisnis atau penjual karena harga bahan baku akan sangat mempengaruhi harga produk yang mereka jual atau pasarkan.

·       Meningkatnya daya saing bisnis secara online

Hal ini terjadi dikarenakan banyaknya pemilik usaha yang beralih membuka usaha bisnis secara online, bahkan banyak sekali juga masyarakat yang baru mulai membuka bisnis online guna meningkatkan penghasilan hidup. Persaingan usaha pun tentunya semakin sulit karena semakin banyaknya saingan usaha di bisnis online. Para penjual harus berlomba menjadi lebih kreatif agar menarik konsumen untuk membeli produk barang/jasa mereka, apalagi jika yang dijual adalah produk yang sejenis bahkan sama persis.

·       Berkurangnya jangkauan target pasar bagi penjual

Hal ini terjadi karena banyak orang yang tidak bisa beraktifitas seperti biasanya secara langsung dan ini tentunya akan menyebabkan terjadinya pengurangan jangkauan target pasar sebuah bisnis. Contoh misalnya target pasar sebuah usaha adalah para pekerja kantoran, namun setelah adanya pandemic ini para pekerja kantoran bekerja dari rumah atau biasa dikenal dengn WFH(Work From Home). Akibatnya adalah terjadi masalah bagi para pemilik suatu bisnis karena target pasar mereka jadi berkurang. Lalu apabila target pasar mereka berkurang, dampaknya adalah terjadi penurunan daya jual.

Permasalahan-permasalahan diatas menurut saya saling berterkaitan karena faktor penyebab terjadinya dan kondisi yang dihadapi itu sama, yaitu masa pandemi yang sangat memberi dampak besar bagi perekonomian bangsa dan tentunya akan berpengaruh juga kepada para pelaku-pelaku ekonomi yang ada yaitu pemilik bisnis atau usaha, perusahaan, konsumen atau pembeli, dan produsen. Semuanya terkena dampak dari adanya pandemi yang menyebabkan terjadi masalah dalam bisnis. Permasalahan diatas adalah permasalahan utama yang terjadi selama pandemi sekarang ini. 

 

 

Referensi

Detik Finance [Online] // Masalah Bisnis. - https://finance.detik.com/berita-ekonomi-bisnis/d-5105163/4-masalah-utama-yang-bebani-pengusaha-di-tengah-pandemi.

Kompas Money [Online] // Dampak Virus Corona Terhadap Bisnis. - https://money.kompas.com/read/2020/05/16/144200926/menurut-rudiantara-ini-dampak-virus-corona-terhadap-bisnis.

Kompasiana [Online] // Pengaruh Bisnis Online Terhadap Perekonomian Indonesia. - https://www.kompasiana.com/zidafarha/571445f1d693738f048b456a/pengaruh-bisnis-online-terhadap-perekonomian-indonesia.

Yuksinau [Online] // Manfaat Bisnis. - https://www.yuksinau.id/bisnis-definisi-jenis-manfaat-tujuan-fungsi/#Manfaat_Bisnis.

 

 

  

Komentar

Postingan Populer